Selasa, 11 Desember 2018 | 00:40 WIB
ITW: Pemerintah Lalai Lindungi Warga Dari Ancaman Asap
Kamis, 8 Oktober 2015 | 00:22 WIB
ilustrasi - [ist]

Skalanews - Indonesia Traffic Watch (ITW) mendesak pemerintah untuk segera mengatasi asap yang hampir sebulan lebih menyelimuti sejumlah kota di Sumatera, khususnya di Pekanbaru, Riau.

“Selain mengancam kesehatan dan aktifitas warga, kabut asap juga potensi menimbulkan terjadinya kecelakaan di jalan raya,” kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Rabu (7/10).

Menurutnya, pemerintah kurang serius menanggulangi masalah asap yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera. Sebaiknya, kondisi seperti yang terjadi saat ini sudah harus menjadi bencana nasional.

Anehnya, lanjut Edison pemerintah pusat terkesan membiarkan pemerintah daerah untuk menanggulangi masalah asap tersebut. Sehingga kondisi alam akibat asap kian memburuk, bahkan sudah membahayakan terhadap kesehatan dan keamanan lalu lintas di jalan raya maupun penerbangan.

Jika asap akibat kebakaran hutan di Sumatera tidak segera ditanggulangi, ia menilai artinya pemerintah telah lalai melindungi warganya dari ancaman kesehatan maupun keselamatan saat berlalu lintas di jalan raya.

“Jika asap tidak segera diatasi, sangat potensi menjadi ancaman bagi para pengguna jalan raya, bahkan memicu terjadinya kecelakaan, sebab jarak pandang sudah sangat dekat,” tegas Edison yang juga mantan wartawan media online di Jakarta.

Dikatakan Edison, ITW menerima keluhan masyarakat, khususnya kota Pekanbaru bahwa asap sudah menjadi ancaman bagi para pengendara di jalan raya. Untuk itu, pihaknya mendesak pemerintah agar tidak membiarkan warganya menjadi korban akibat kepulan asap di sejumlah kota di Sumatera. (Wahyu/bus)