Senin, 18 November 2019 | 11:19 WIB
Festival Pesona Mentawai jadi Agenda Tahunan
Rabu, 6 April 2016 | 05:02 WIB
-

Skalanews - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Festival Pesona Mentawai, yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016, akan menjadi agenda tahunan pariwisata pemerintah.

"Dengan dukungan Kementerian Pariwisata, acara ini akan dijadikan festival tahunan," kata Arief ketika meluncurkan Festival Pesona Mentawai 2016 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa.

Adapun Festival Pesona Mentawai, yang kegiatannya dipusatkan di Pantai Mapadegat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Kepulauan Mentawai dan meningkatkan pariwisata.

Acara utama kegiatan yang dilaksanakan pada 19-24 April 2016 tersebut adalah kompetisi selancar tingkat internasional yang rencananya diikuti oleh 64 peselancar seperti dari Australia, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Jepang, Republik Kepulauan Fiji dan Filipina.

Selanjutnya ada pertunjukan budaya masyarakat Mentawai, antara lain prosesi pengusiran roh jahat, ritual "Sabulungan", penampilan kesenian tradisional, pelestarian terumbu karang dan mangrove dan pameran industri kreatif.

Menurut Arief Yahya, kawasan Kepualuan Mentawai memang sarat akan potensi wisata yang jika dikembangkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bila sektor pariwisata berkembang pesat, pertumbuhan devisa Mentawai akan sama dengan daerah lain yang memiliki potensi sumber daya energi dan mineral," tutur Arief.

Selancar

Dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan pentingnya Kabupaten Kepulauan Mentawai memaksimalkan pemasukan daerah dari olahraga selancar.

Sebab, lanjut dia, wilayah laut kepulauan yang terletak di pantai barat Sumatera tersebut terkenal sebagai salah satu titik ("spot") selancar terbaik di dunia.

"Bahkan, dari sepuluh lokasi selancar dengan ombak terbaik yang ada di muka bumi, daerah Mentawai ada di urutan kedua," kata Arief.

Dia menambahkan, Mentawai memiliki 10 lokasi selancar favorit peselancar dunia, di mana yang paling terkenal adalah ombak "Lances Right", yang berada di Sepora Selatan. Lokasi inilah yang menjadi tempat kompetisi selancar saat Festival Pesona Mentawai 2016.

Demi mengembangkan potensi ini, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berjanji akan terus mengembangkan wisata Kepulauan Mentawai.

Nasrul menuturkan ada tiga hal penting untuk menyukseskan hal tersebut, yaitu pertama adanya komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dan pemangku kebijakan.

Kedua, harus ada komitmen dari masyarakat dan ketiga pembangunan infrastruktur.

"Kami akan membenahi transportasi, seperti pesawat dan angkutan antarpulau," ujar Nasrul. (ant/mar)