Sabtu, 22 September 2018 | 05:09 WIB
Perusahaan Nasional Diharapkan Temukan Cadangan Migas Besar
Senin, 16 April 2018 | 22:32 WIB
SKK Migas/ilustrasi - [Ist]

Skalanews - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengharapkan perusahaan nasional dapat menemukan cadangan minyak dan gas yang besar.

"Kegiatan eksplorasi itu asing semua. Saya sebagai orang Indonesia berharap suatu saat swasta nasional atau Pertamina mendapatkan temuan yang besar seperti di Minas atau Duri," ujar Sekretaris SKK Migas Arief S Handoko di Jakarta, Senin (16/4).

Untuk itu, lanjut dia, perusahaan nasional perlu melakukan kegiatan eksplorasi yang masif. Penemuan blok migas baru dengan cadangan besar sangat dibutuhkan seiring dengan kebutuhan nasional yang terus meningkat.

"Dari tahun 1990-an ke sini, kita hanya punya Banyu Urip, namun produksinya tidak sebesar Duri dan Minas, masih kalah. Blok Masela juga temuan bagus, tapi yang lainnya tidak ada," katanya.

Kendati demikian, dirinya mengakui salah satu kendala bagi perusahaan nasional dalam melakukan eksplorasi migas yakni biaya investasi yang tinggi, sehingga penemuan cadangan migas kurang optimal.

Ia memaparkan bahwa Indonesia memiliki 128 wilayah cekungan (basins), sebanyak 18 diantaranya telah berproduksi. Sementara 12 cekungan sudah dilakukan pengeboran dan ditemukan cadangan, namun belum dikembangkan. Sementara sekitar 24 cekungan sudah dibor, namun tidak ditemukan cadangan.

"Ada 74 cekungan yang belum dibor. Itu menjadi peluang kita untuk ekplorasi lebih masif lagi," katanya.

Dalam rangka mendorong kegiatan di industri migas, lanjut dia, pihaknya menyederhanakan perizinan bagi badan usaha yang akan melakukan eksplorasi, hal itu sejalan pesan Presiden RI.(ant/dbs)