Sabtu, 18 Agustus 2018 | 23:26 WIB
Kemensos Tampung 7 Anak Terduga Teroris Jawa Timur
Rabu, 13 Juni 2018 | 01:53 WIB
-

Skalanews - Kementerian Sosial memastikan akan menampung tujuh anak terduga teroris Surabaya dan Sidoarjo. Anak-anak tersebut diserahkan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin kepada Kemensos hari ini.

"Tahap awal Kementerian Sosial akan satu perlindungan kepada mereka, pendampingan kepada mereka," kata Menteri Sosial Idrus Marham di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/6).

Pendampingan akan dilakukan agar anak-anak yang dibawa orangtuanya itu kembali percaya diri dan kemudian dapat dihilangkan paham radikal yang merupakan ajaran orangtuanya dulu.

"Ini kita harus pastikan bahwa itu kita akan bersihkan dari paham radikalisme itu tentu ini perlu waktu," sambungnya.

Ketujuhnya saat ini menjadi tanggungjawab Kemensos dan dibawa ke tempat yang aman selama menjalani rehabilitasi. Kondisi mereka mulai pulih secara fisik dan psikis.

"Mereka sempat ketawa-ketawa, tentu perlu waktu untuk mengembalikan kepercayaan dirinya perlu waktu agar supaya pikiran terkait paham radikalisme itu perlu kita dampingi," paparnya.

Dalam melakukan rehabilitasi Kemensos dibantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Penanganan korban dilakukan secara terpadu dan menyeluruh, berkesinambungan dan arahan prinsip dari Jokowi, tidak boleh terputus. Kita dapat proyeksi kalo tangani serius maka pelan pasti paham radikalisme dan terorisme dapat kita netralkan," pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)