Sabtu, 20 April 2019 | 07:46 WIB
Kapolri Minta Jajaran Humas Tingkatkan Citra Positif Institusi
Senin, 17 Desember 2018 | 12:28 WIB
Tito Karnavian - [dok.skalanews]

Skalanews - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta para Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Polda agar bisa meningkatkan citra positif Polri di mata masyarakat.

Dikatakan Kapolri saat membukaRapat Konsolidasi Analisis dan Evaluasi Kehumasan 2018, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/12) tugas daripada humas yang utama adalah menjaga citra institusi.

"Peran humas salah satunya menjaga image Polri. Peran humas sangat penting dalam memberikan informasi-informasi positif tentang keberhasilan dari sebuah institusi dan juga membantu mencerdaskan masyarakat dengan memberikan informasi positif," papar Tito.

Disebut Tito demokrasi di Indonesia sudah semakin terbuka ditandai dengan menguatnya parlemen, dan dominansi peran media dan masyarakat. Hal ini berpengaruh pada perubahan cara berkomunikasi Polri kepada masyarakat.

"Ini membuat gaya pemolisian kita berubah dari sistem semiotoritarian menjadi sistem terbuka. Pemilik negara adalah rakyat," sambungnya.

Disambung Tito, kunci utama agar tetap memiliki citra yang positif adalah dengan mendapatkan kepercayaan publik.

"Opini publik dipengaruhi bagaimana media memberitahukan suatu isu kepada publik," pungkasnya.

Rapat Konsolidasi Analisis dan Evaluasi Kehumasan 2018 dihadiri oleh seluruh kabidhumas polda, para perwira multimedia dan 67 perwakilan kasubbaghumas polres dari seluruh Indonesia.(Frida Astuti/dbs)