Kamis, 25 April 2019 | 01:42 WIB
Pemkab Pandeglang Diminta Siapkan Lahan untuk Rumah Korban Tsunami
Kamis, 27 Desember 2018 | 09:46 WIB
-

Skalanews -  Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, harus menyiapkan lahan baru untuk pembangunan tempat tinggal korban tsunami di Banten dan Lampung yang terjadi pada Sabtu (22/12).

Hal itu dikatakan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi lokasi pengungsi tsunami di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang yang didamping Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Rabu (26/12).

"Saya berharap ketika pemerintah membangun rumah yang baru, sudah ada lahan yang baru di tempat yang tidak memiliki potensi bencana, yang disiapkan oleh pemda," kata Agus.

Agus menjelaskan, setelah tanggap darurat dilakukan oleh pemerintah daerah, selanjutnya pemerintah pusat yang menyiapkan rekontruksi dan menjadi kewenangan Kementrian PUPR.

"Setelah tanggap darurat selama 14 hari tinggal masuk ke tahap rekonstruksi dan rehabilitasi, dan ini menjadi kewenangan pemerintah pusat," ujar Agus.

Oleh karena itu, lanjut Agus, pemerintah daerah harus segera melakukan validasi rumah yang rusak parah, agar proses pembangunan bisa segera dilaksanakan.

"Pemerintah pusat dapat dari pemerintah daerah, kalau mereka cepat melakukan validasi maka akan cepat juga realisasinya," ujarnya.

Dan, Bupati Pandegang Irna Narulita menyatakan segera melakukan inventarisasi kerusakan dampak tsunami Selat Sunda di wilayahnya, termasuk rumah warga yang rusak berat maupun ringan. [antara/bus]