Kamis, 25 April 2019 | 21:50 WIB
Jaksa Agung: Banyak Pihak yang Ingin Delegitimasi Pemilu
Kamis, 10 Januari 2019 | 02:33 WIB
HM Prasetyo - [frida astuti/skalanews]

Skalanews - Jaksa Agung HM Prasetyo menyebut saat ini sudah terlihat upaya-upaya untuk menganggu jalannya Pemilu 2019. Salah satunya, isu hoaks soal adanya 7 kontainer surat suara yang tercoblos.

"Sekarang sudah ada kecenderungan yang kita lihat dan dengar. Ada beberapa pihak yang berusaha mendelegitimasi para penyelenggara pemilu," cetus Prasetyo di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (9/1)

Kasus hoaks surat suara tercoblos itu menurut Prasetyo berpotensi menganggu Pemilu. Oleh itu kasus tersebut harus dituntaskan.

"Kalau terjadi akan sangat memberikan efek tidak baik bagi praktek demokrasi Indonesia," sambungnya

Terkait kasus ini, disebut Prasetyo jajaran Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP). Namun tak disebut Prasetyo berapa tersangka dalam kasus ini.

"Jadi kita tunggu berapa berkasnya, berapa pihak tersangka. Tersangka nanti sepenuhnya masih di penyidik Polri, mereka sedang bekerja keras," pungkasnya

Diketahui dalam kasus ini penyidik Polri telah menangkap otak dari pembuat dan penyebar hoaks tersebut yakni inisial BBP. (Frida Astuti/bus)