Selasa, 21 Mei 2019 | 08:33 WIB
Pemasang Poster Tauhid di Rumah Habib Rizieq Terindentifikasi
Kamis, 17 Januari 2019 | 11:35 WIB
Poster berkalimat tauhid yang dipasang di belakang rumah Habib Rizieq Shihab di Makkah - [jurnal islam]

Skalanews - Kuasa Hukum Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro, menyebutkan pelaku pemasangan poster kalimat tauhid di kediaman kliennya di Makkah, Arab Saudi, telah teridentifikasi.

Namun, Sugito menegaskan siapa yang penyuruh kedua orang pasang poster itu belum diketahui. "Kalau yang pasang poster itu dilakukan oleh orang dari Indonesia. Tapi yang menyuruh, berdua nggak tahu dan sepertinya sudah pulang ke Indonesia," ujarnya saat dihubungi skalanews, Jakarta, Rabu (16/1).

Sugito menambahkan, para pemasang poster itu sudah menjalani pemeriksaan di kepolisian Arab Saudi. "Sudah dimintai keterangan, tapi tidak ditahan," ungkapnya.

Karena mereka hanya orang suruhan, lanjut Sugito, kepolisian Saudi tidak menahannya. "Sudah dimintai keterangan, tapi tidak ditahan karena mereka (pelaku pemasangan) hanya pekerja biasa dan bukan mahasiswa. Jadi orangnya masih lugu," katanya.

Sugito juga membenarkan, dua pemukim asal Indonesia itu hanyalah orang bayaran. "Orang lugu yang dibayar dengan nilai tertentu," ungkapnya.

Saat ini, dua pelaku pemasangan poster tersebut masih berada di Arab Saudi. Sedangkan yang menyuruh dan membayar keduanya mungkin telah berada di Indonesia. "Yang menyuruh melakukan sepertinya sudah pulang ke Indonesia," jelasnya. (Bisma Rizal/bus)