Selasa, 19 Februari 2019 | 06:18 WIB
Bahas Pencegahan Korupsi, Dubes Inggris Sambangi Gedung KPK
Senin, 11 Februari 2019 | 17:31 WIB
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Skalanews - Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Rob Fenn hari ini, Senin (11/2) mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedatangan Rob Fenn disebut Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief untuk membahas pencegahan korupsi lintas negara.

"Hari ini kami membicarakan khususnya beberapa hal yang berhubungan tentang pencegahan korupsi," kata Laode saat mendampingi Rob Fenn di Gedung KPK, Jakarta Selatan.

Selain itu dibahas pula tentang kerjasama pelatihan dengan pemerimtah Inggris juga pembahasan hal-hal teknis terkait pencegahan korupsi dengan Inggris.

Salah satunya, terkait beneficial owners, pengadaan barang dan jasa melalui sistem elektronik, serta korupsi di sektor private.

"Jadi, topik utama kita adalah tentang beneficial owner, pemilik manfaat dari perusahaan," papar Laode.

Beneficial owner pada intinya menjelaskan setiap pemilik perusahaan baru didaftar di Indonesia harus jelas siapa pemilik utamanya.

"Kalau dulu kan enggak ada dalam struktur perusahaan, tapi sebenarnya dikendalikan oleh orang itu," paparnya.

Nantinya, sambung Laode, tim penyidik dan penyelidik lembaga antirasuah akan dikirim ke Inggris untuk pelatihan bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi di Inggris, Serious Fraud Office (SFO).

"Penyidik dan penyelidik KPK ingin belajar ke Inggris, khusunya tentang forensic accounting, atau hal lain yang kami anggap lebih advance di sana," pungkasnya.(Frida Astuti/dbs)