Sabtu, 20 April 2019 | 07:40 WIB
Sosiolog: Hasil Survei Dengan Realitas Ibarat Bumi dan Langit
Jumat, 22 Maret 2019 | 06:17 WIB
Joko Widodo-Marf Amin dan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno - [ist]

Skalanews - Pakar sosiologi Universitas Indonesia (UI) Musni Umar menyebutkan, hasil survei dengan kondisi realistis di masyarakat seperti bumi dan langit.

Dimana, kebanyakan lembaga survei yang dikenal kredibel mengumumkan jika calon Presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo sebagai pemenang.

"Padahal setiap acara yang dihadirkan oleh Prabowo dan Sandi itu rakyat berduyun-duyun berkumpul. Sedangkan, acara yang dihadirkan oleh pasangan 01 justru sebaliknya."

"Ini membuktikan jika hasil survei dengan kenyataan yang ada seperti bumi dan langit," jelasnya saat diskusi Parlemen di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (21/2).

Umar menambahkan, berdasarkan penelitiannya ke kalangan masyarakat bawah. "Rata-rata menginginkan adanya perubahan dan masyarakat bawah ini adalah mayoritas di Indonesia," jelasnya.

Umar juga menyebutkan, bahwa kelemahan dari lembaga survei adalah sifatnya yang industri. "Karena itu tidak ada kejujuran makanya saya sepakat jika yang melakukan survei adalah kampus-kampus karena itu mempertaruhkan kredibilitasnya," ungkapnya. (Bisma Rizal/bus)