Selasa, 19 November 2019 | 07:42 WIB
Pesantren Kilat Bank BJB Ciptakan Generasi Juara Lahir Batin
Jumat, 31 Mei 2019 | 12:48 WIB
Pesantren Kilat Bank BJB Ciptakan Generasi Juara Lahir Batin - [dok.bjb]

Skalanews - Tradisi pesantren kilat merupakan salah satu ciri khas yang mewarnai suasana Ramadan di tanah air. Lewat pesantren kilat, siswa sekolah di berbagai level di tanah air ditempa dengan ilmu-ilmu keagamaan dalam tempo yang singkat.

Para siswa diharapkan memiliki pemahaman keagamaan yang lebih mendalam guna menambang pahala di bulan Ramadan. Dalam praktiknya, tradisi yang telah mengakar sejak lama ini sudah menjadi sesuatu yang lumrah.

Tak hanya dilaksanakan pihak sekolah secara mandiri, pesantren kilat ini juga kerap melibatkan lembaga lainnya dalam kegiatan.

Bank bjb sebagai agen perubahan nasional ikut serta meramaikan khazanah tradisi Islam di tanah air ini. Bank pembangunan daerah yang berbasis di Jawa Barat tersebut menyelenggarakan event pesantren kilat pada Ramadan kali ini.

Kegiatan pesantren kilat ini diperuntukkan bagi siswa-siswa SD dan SMP sederajat yang berada di sekitar Kantor Pusat bank bjb, Kota Bandung. Pesantren kilat diselenggarakan selama dua pekan dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang.

Selama berkegiatan, para peserta akan mengikuti dua sesi di mana satu sesi kegiatan pesantren kilat Ramadan bank bjb ini akan diikuti oleh 100 orang dan berlangsung selama tiga hari.

Dalam praktiknya, para peserta akan diberikan materi pembelajaran selama dua hari dan melaksanakan kegiatan outbond selama satu hari pada setiap sesi. Kegiatan outbond ini dilakukan sebagai ajang memperkuat kekompakan sekaligus sarana refreshing dari kegiatan pembelajaran yang berasal dari materi.



"Anak-anak ini adalah generasi penerus bangsa. Mereka perlu mendapatkan pemahaman keagaman yang lebih mendalam agar tidak salah melangkah di masa depan. Program pesantren kilat ini juga merupakan bentuk dukungan penuh bank bjb dalam menciptakan generasi agamis selaras dengan visi pemerintah mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Muhammad As'adi Budiman.

Dengan pesantren kilat ini, diharapkan para peseta bisa mendapatkan pemahaman keagamaan yang lebih mendalam. Selain itu, para peserta juga diharapkan bisa mempraktikkan amalan-amalan kebaikan yang diajarkan dalam kegiatan guna memetik keberkahan Ramadan.

Event pesantren kilat ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan bertajuk 'bjb Berbagi Ramadan Memberi' yang diselenggarakan perseroan selaman Ramadan.

Selain pesantren kilat, event 'bjb Berbagi Ramadan Memberi' ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, di antaranya buka bersama dan santunan yatim dhuafa di sejumlah daerah di tanah air, 'Kampung Ramadan bank bjb' dan roadshow Haji Geyot.

Berbagai kemeriahan yang tersaji selama Ramadan ini merupakan bentuk tandamata untuk negeri sekaligus menjadi penanda rangkaian kemeriahan Hari Ulang tahun bank bjb ke-58. [deddi bayu/bus]