Sabtu, 18 Januari 2020 | 01:21 WIB
Kerusuhan di Manokwari, Menko Polhukam Sebut Pernyataan Negatif Jadi Pemicu
Senin, 19 Agustus 2019 | 17:02 WIB
-

Skalanews - Menko Polhukam Wiranto menyebut salah satu penyebab kerusuhan di Manokwari karena adanya pernyataan-pernyataan negatif. Wiranto menyesalkan insiden tersebut terjadi disaat Indonesia tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74.

"Kita baru saja memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang salah satu tujuannya untuk mengingatkan agar persatuan dan kesatuan menjadi modal kemerdekaan tetap terawat dan terpelihara," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/8).

Disambung Wiranto, pemerintah sudah mengevaluasi penyebab terjadinya kerusuhan di Manokwari. Kerusuhan bermula dari adanya konflik mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Diketahui, peristiwa di Surabaya terjadi pada Sabtu (17/8) lalu, bermula dari isu adanya aksi perusakan bendera Merah Putih di Asrama Mahasiswa Papua, di Jalan Kalasan Surabaya.

"Pemerintah menyesalkan dengan adanya insiden yang saat ini sedang berkembang tentang pelecehan bendera merah putih di Jawa Timur yang disusul dengan berbagai pernyataan negatif oleh oknum-oknum yang memicu aksi di beberapa daerah terutama di Papua dan Papua Barat yang nyata-nyata menganggu kebersamamaan dan persatuan," pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)