Senin, 23 September 2019 | 22:33 WIB
Bupati Lanny Jaya: Perlu Ada Goals Besar 25 Tahun ke Depan untuk Papua
Rabu, 11 September 2019 | 08:05 WIB
Diskusi Papua Bicara Papua - ist

Skalanews - Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom menilai pemerintah harus memiliki visi dan konsisten membangun agar masyarakat Papua mencintai Indonesia.

Hal itu dikatakan Befa dalam diskusi bertema "Papua Bicara Papua: Dari Papua untuk NKRI" yang digelar Partai NasDem, di Auditorium DPP Partai NasDem, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/9) malam.

"Saya akan bicara yang benar, dalam rangka bahwa Papua tetap dalam NKRI. yang benar ini saya tidak tipu-tipu ini," kata Befa.

Meski akan tetap memilih bergabung di NKRI, menurut Befa perlu adanya pembangunan jangka panjang bagi Papua, termasuk memberikan kesempatan bagi Papua mengelola wilayahnya sendiri.

"Mari kita menyelesaikan dengan goals besar 25 tahun ke depan. memang ada masalah selama nanti 25 tahun ke depan," sambungnya.

Sementara itu, anggota DPR RI terpilih 2019-2024 Dapil Papua Roberth Rouw menilai bahwa upaya pemerintah dalam membangun sistem kurang tepat.

"Hal utama yang harus dibangun adalah masalah pendidikan dan kesehatan. Harus ada sekolah berbentuk asrama untuk memfasilitasI pendidikan di Papua. Meski begitu, hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab presiden sebagai Kepala Negara, tetapi juga menjadi tanggung jawab negara," sambungnya.

Narasumber lainnya, yakni anggota DPR RI Fraksi NasDem Sulaeman L. Hamzah menuturkan bahwa tradisi hidup bersama dalam kelompok suku telah berlangsung turun temurun, demikian juga dengan masyarakat kelompok lain termasuk masyarakat nusantara.

Dia mengatakan, masyarakat Nusantara harus bisa memahami dan menghargai sesama anak bangsa dengan mengedepankan prinsip-prinsip "di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung". (Frida Astuti/Bus)