Senin, 9 Desember 2019 | 12:39 WIB
APP HAM Minta Australia Deportasi Tersangka Veronica Koman
Sabtu, 21 September 2019 | 00:04 WIB
Veronica Koman - [LINE Today]

Skalanews - Koordinator Aliansi Pemuda Penegak Hak Asasi Manusia (APP HAM) Choirul Anam mendesak pihak Australia untuk mendeportasi Veronica Koman, tersangka provokasi yang menyebabkan kerusuhan di Indonesia khususnya Papua.

"Bagi kami, melindungi pelaku kejahatan adalah suatu bentuk ketidakpatuhan atas rasa keadilan dalam menegakkan Hak Asasi Manusia. Negara kami akan terus bersuara akan hal ini," ujarnya saat memimpin aksi APP HAM di Konjen Australia, Jumat (20/9/2019).

Selain itu, Choirul menambahkan Veronica Koman juga telah melakukan suatu pembohongan publik untuk mendapat simpati internasional, khususnya simpati Australia.

"Dengan mengolok-olok Negaranya sendiri, dengan provokasi adanya pelanggaran HAM, Veronica seolah telah menjadikan dirinya sebagai Hakim yang memutuskan suatu perkara tanpa melihat keadilan bagi para korban demonstrasi rusuh di bumi cendrawasih yang memiliki hak untuk hidup nyaman dan damai," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya memperingatkan negara-negara lain untuk tidak mengintervensi hukum di Negara Indonesia. "Ini juga bentuk peringatan Negara-negara lainnya untuk tidak mengintervensi hukum di Negara kami. Kami terus mendukung langkah dari Polri, langkah dari Polda Jatim untuk mengusut tuntas kerusuhan di Papua," pungkasnya. (wahyu/bus)