Sabtu, 18 Januari 2020 | 06:55 WIB
Indonesia-Jepang Perpanjang Kerjasama Infrastruktur
Kamis, 26 Desember 2019 | 22:46 WIB
Ilustrasi - [ist]

Skalanews - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Jepang yang diwakili oleh Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) sepakat menandatangani perpanjangan kesepakatan kerja sama (Memorandum of Cooperation/MoC) on Infrastructure Development Cooperation yang berakhir pada 29 Desember 2019.

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Menteri MLIT Akaba Kazuyoshi di Gedung Kementerian PUPR, Kamis (26/12).

"Kerja sama yang kita kembangkan ini sesungguhnya merupakan penghubung antara rakyat Jepang dan rakyat Indonesia, sehingga meningkatkan kerja sama, friendship, people to people relationship dengan moto kerja bersama dan maju bersama," kata Menteri Basuki dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Kesepakatan kerja sama ini meliputi delapan lingkup eksisting, yaitu pengelolaan sumber daya air, pengelolaan air limbah domestik, jalan dan jembatan, dan bangunan gedung.

Selain itu, kerjasama juga mencakup penyediaan perumahan, pengembangan wilayah dan perkotaan, pengelolaan bencana, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Serta dua lingkup tambahan baru yaitu pembiayaan infrastruktur dan jasa konstruksi.

Pertemuan Menteri Basuki dengan Menteri Akaba membahas beberapa hal, di antaranya water disaster management, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, jalan akses Pelabuhan Patimban. [antara/bus]