Jumat, 24 Januari 2020 | 06:00 WIB
Sampah Sebabkan Banjir, Kakorlantas Minta Jajaran Ikut Peduli Lingkungan
Rabu, 15 Januari 2020 | 14:27 WIB
Korlantas Peduli Lingkungan Bersih - ist

Skalanews - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono menyoroti menumpuknya sampah yang menyebabkan banjir.

Menurut Istiono, seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali Polri termasuk jajaran Korlantas, agar mulai peka dan peduli terhadap masalah sampah. Untuk menumbuhkan kesadaran itu, Korlantas Polri mencanangkan program Korlantas Polri peduli lingkungan bersih.

"Hari ini kita lakukan peduli lingkungan di Korlantas khususnya masalah sampah. Nah masalah sampah tentunya menjadi masalah utama juga berkaitan dengan masalah-masalah banjir," kata Istiono saat melangsungkan pencanangan program Korlantas Polri Peduli Lingkungan Bersih, di lantai 4 NTMC Polri, Jakarta, Rabu (15/1).

Program ini disebut Istiono menindaklanjuti program pemerintah yaitu Indonesia Bersih, sekaligus program Kapolri yakni Peduli Lingkungan Penanaman Pohon.

"Polri sudah menggelar kegiatan peduli lingkungan adalah peduli lingkungan penanaman pohon yang kemarin program dari bapak kapolri, seluruh jajaran di Indonesia telah menanam pohon dan tentunya masalah utama selain penguatan penanaman itu juga kita dukung dengan program lingkungan bersih yaitu masalah sampah khususnya," sambungnya.

Kakorlantas meyakini perlunya kesadaran bagi seluruh elemen masyarakat agar tak membuang sampah sembarang.

Kakorlantas juga menyebutkan pembuangan sampah sembarangan sering kali dilakukan oleh pengendara saat terjebak macet ataupun antrian panjang. Semisal, di ruas Tol Gadog maupun Brexit.

"Misal di Gadog, sabtu atau minggu itu antrian panjang itu pasti sampah berserakan, nah dengan kegiatan ini saya berharap anggota polri bisa sampaikan ke masyarakat. Nah kita dorong juga di Jasa Marga," pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)