Minggu, 8 Desember 2019 | 17:05 WIB
Politik
Komisi III DPR Pilih Lima Pimpinan KPK
Kamis, 17 Desember 2015 | 20:02 WIB
-

Skalanews - Komisi III DPR telah memilih lima dari sepuluh nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemilihan calon pimpinan KPK melalui voting 54 anggota Komisi III.

Para anggota komisi memilih 5 dari 10 nama Capim KPK yang tertulis di kertas. Capim KPK dinyatakan lolos bila memperoleh minimal 28 suara.

Kelima Capim yang lolos sebagai pimpinan KPK adalah Basaria Panjaitan, Alexander Marwarta, Agus Rahardjo, Laode M Syarif dan Saut Situmorang.

"Alex Marwata mendapat 46 suara, Saut Situmorang mendapat 37 suara, Basaria Panjaitan mendapat 51 suara, Agus Rahardjo mendapat 53 suara, dan Laode M Syarif mendapat 37 suara," kata Ketua Komisi III, Aziz Syamsuddin membacakan hasil voting yang digelar di Ruang Rapat Komisi III, Kamis (17/12).

Usai pemilihan lima pimpinan KPK, Komisi III akan menentukan siapa pimpinan yang akan menjadi Ketua KPK. Metode pemilihan ketua KPK itu juga melalui voting. Satu anggota DPR hanya diperbolehkan memilih satu nama dari lima nama Capim terpilih.(Deddi Bayu/bus)