Selasa, 12 November 2019 | 06:09 WIB
Politik
Fadli Zon Apresiasi Polri dan TNI atas Tewasnya Santoso
Rabu, 20 Juli 2016 | 11:25 WIB
-

Skalanews - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengapresiasi Polri dan TNI atas keberhasilan Satgas Operasi Tinombala dalam melumpuhkan pimpinan jaringan teroris Santoso atau Abu Wardah di Pegunungan Tambarana, Palu, Sulawesi Tengah.

"Keberhasilan Satgas Tinombala dalam operasi di Pegunungan Tambarana patut diapresiasi," kata Fadli Zon dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (20/7). 

Fadli berharap tewasnya Santoso sekaligus melumpuhkan kelompok teroris yang dipimpinnya. "Tewasnya Santoso kita harapkan dapat melumpuhkan kelompok teroris yang dipimpinnya," harapnya.        

"Saya juga mengapresiasi Operasi Tinombala ini dikarenakan upaya yang dilakukan oleh tim gabungan Polri dan TNI ini sangat luar biasa. Banyak sekali pengorbanan yang diberikan oleh para anggota Satgas Tinombala sejak beroperasi pada Januari 2016. Termasuk gugurnya 13 anggota TNI dalam kecelakaan helikopter pada saat menjalankan tugas pada Maret lalu. Keberhasilan operasi ini juga menunjukkan kompaknya Polri dan TNI  kita dalam menjalankan tugas di lapangan," tandas Wakil Ketua Umum Gerindra ini.

Sebagaimana diketahui, Abu Wardah alias Santoso, merupakan buronan teroris yang paling dicari Kepolisian Indonesia. Beberapa tindakan kriminalnya antara lain turut merencanakan bom bunuh diri di Polres Poso tahun 2013, yang diikuti ledakan serupa di Mapolres Palu dan Mapolres Palu Timur.

Kejadian serupa juga terjadi pada 2014, di Pos Polmas Pantango Lembah. Aksi bom lain yang melibatkan dirinya adalah bom pos Natal pasar sentral Poso. Santoso juga mengaku sebagi bagian dari jaringan ISIS di Indonesia.(Deddi Bayu/Wan)