Rabu, 19 Februari 2020 | 10:19 WIB
Politik
Pilkada Pamekasan Resmi Diikuti 2 Pasangan Calon
Senin, 12 Februari 2018 | 14:58 WIB
Pilkada Pamekasan Resmi Diikuti 2 Paslangan Calon - [Arif Purba]

Skalanews - Pilkada Kabupaten Pamekasan, Madura, resmi diikuti dua pasangan calon (paslon). Yakni, pasangan 'Kholifah' (Kholilurrahman-Fatjor Rahman) dan 'Berbaur' (Badrut Tamam-Raja'e). Kedua paslon itu ditetapkan dalam Rapat Pleno KPU Pamekasan, Senin (12/2/2018).

Ketua KPU Pamekasan, Hamzah, mengatakan, setelah sebelumnya kedua paslon memperbaiki persyaratan administrasi, namun akhirnya keduanya dinyatakan memenuhi syarat dan resmi dinyatakan sebagai peserta Pilkada Pamekasan.

"Sesuai hasil rapat pleno, maka Senin ini saya umumkan dua paslon sebagai peserta Pilkada Pamekasan," kata Hamzah, ditemui di Aula Gedung PKPN Jalan Kemuning Pamekasan, Senin (12/2/2013).

Hamzah menambhakan, usai pengumuman kedua paslon akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Undion Nomor Urut Paslon besok Selasa (13/2/2018).

Menurut Hamzah, perbaikan syarat administrasi kedua paslon itu diantaranya surat pengunduran diri dari jabatan sebelumnya. Misalnya, sebagai anggota DPR atau jabatan kepala desa (kades), persyaratan itu telah dipenuhi semua paslon sesuai waktu yang telah ditentukan.

Seperti diketahui, Kholilurrahman sebelumnya menjadi anggota FPKB DPR RI dan Badrut Tamam jadi anggota FPKB DPRD Provinsi Jatim. Sedangkan wakilnya, Fathor Rahman (anggota FPPP DPRD Pamekasan dan Raja'e menjabat Kades di Pamekasan utara.

Setelah melalui proses verifikasi, akhirnya kedua paslon dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai Paslon Pilkada Pamekasan 2018.

Pasangan Kholifah diusung dan didukung koalisi PPP, Demokrat, NasDem, Golkar dan Hanura. Sedangkan Berbaur diusung PKB, PAN, Gerindra dan PKS.

Rapat pleno penetapan paslon peserta pilkada itu, disaksikan komisoner Panwaslu Pamekasan. Juga seluruh pengurus parpol pendukung ikut menyaksikan. Rapat pleno dikawal anggota Sabhara Polres Pamekasan, dan berkahir kondusif. (Arif Purba/Bus)