Senin, 23 April 2018 | 12:43 WIB
Politik
Poltracking: Bulan Maret Elektabilitas Khofifah Unggul
Senin, 19 Maret 2018 | 03:18 WIB
-

Skalanews - Elektabilitas calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa unggul dalam survei Poltracking Indonesia.

Lembaga survei pimpinan Hanta Yuda itu menyebutkan Khofifah yang berpasangan dengan Emil Elistianto Dardak memperoleh suara 42,4 persen dari 1200 reponden yang tersebar di 29 Kabupaten dan 9 Kota Provinsi Jawa Timur.

"Sedangkan, pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno memperoleh suara 35,8 persen," ujar Hanta Yuda saat merilis hasil surveinya di Hotel Saripan Pacifik, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

Hanta menyebutkan, lembaganya melakukan survei dari 6-11 Maret dengan metode stratified multistage random sampling.

Angka ini menunjukkan sebuah penurunan elektabilitas Gus Ipul dengan Puti yang pada bulan Januari berada di angka 39,9 persen sedangkan Khofifah-Emil 38,5 persen.

"Trend elektabilitas kandidat dalam 2  periode terakhir survei menunjukan pasangan Khofifah-Emil naik 3,9 poin sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti turun 4,1 poin," jelasnya.

Meski demikian, Hanta menegaskan, hasil ini belum bisa dipastikan akan menjadi angka pada hari pencoblosan. "Karena masih ada waktu lagi untuk salah satu kandidat meningkatkan lagi," tuturnya.(Bisma Rizal/dbs)