Senin, 23 April 2018 | 12:51 WIB
Politik
Pilpres 2019
Kehadiran Poros Ketiga Buat Pemilih Punya Alternatif
Selasa, 20 Maret 2018 | 09:16 WIB
Titi Anggraini - [dok. skalanews]

Skalanews - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai kehadiran poros ketiga pada Pemilu Presiden 2019 membuat pemilih memiliki banyak alternatif kandidat pemimpin.

"Prinsipnya adalah semakin banyak calon maka semakin banyak alternatif bagi pemilih. Saya kira poros ketiga itu positif," ujar Titi yang ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (19/3).

Ia menambahkan terbentuknya poros ketiga juga bermanfaat untuk menjaring pemilih yang mempunyai kriteria pemimpin, di luar dua poros koalisi partai yang telah ada.

Selain menguntungkan pemilih, poros ketiga juga memberikan dampak positif bagi kontestasi pesta demokrasi mendatang, tutur dia.

"Jadi pemilih punya banyak pilihan kandidat, kompetisi juga menjadi lebih kompetitif. Dengan harapan poros baru ini betul-betul punya tujuan yang baik dan jujur," tambah Titi.

Sebelumnya, Partai Demokrat berwacana untuk membentuk poros ketiga pada Pilpres 2019, dengan kemungkinan membentuk koalisi bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkita Bangsa (PKB). (bus/antara)