Selasa, 11 Desember 2018 | 02:44 WIB
Politik
Jokowi Sebut Akan Bangun SDM Pada 2019
Kamis, 29 November 2018 | 16:02 WIB
-

Skalanews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan pada 2019 pemerintah akan membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

"Mulai tahun 2019, pemerintah mulai menggeser program unggulan dari infrastruktur menjadi program besar-besaran untuk memperkuat SDM," kata Presiden saat sambutan Upacara Hari Ulang Tahun Ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2018 di Istora Senayan Jakarta pada Kamis (29/11).

Menurut Presiden, pada empat tahun kepemerintahan telah berfokus membangun infrastruktur di daerah-daerah.

Hal itu dilakukan untuk membuka keterisolasian dan membangun daerah terpencil.

"Dengan cara ini pemerintah membuka keterisolasian, membangun konektivitas, memperkokoh persatuan nasional, serta membangun sentra ekonomi baru," kata Jokowi.

Selain itu, kualitas SDM di lembaga pemerintahan dan swasta harus ditingkatkan secara signifikan.

Peningkatan kualitas SDM di masyarakat juga harus ditingkatkan sejak remaja dan usia dini.

SDM Indonesia, ujar Jokowi, harus dapat memanfaatkan peluang dari perubahan dunia dan perkembangan teknologi yang berubah cepat.

"Saya minta pada seluruh jajaran ASN agar segera memperkuat diri agar menjadi agen transformasi, menjadi agen-agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa," kata Presiden.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu yakin transformasi kualitas SDM  Indonesia dapat berjalan dan memberi hasil positif bagi kemajuan bangsa.(antara/dbs)