Kamis, 25 April 2019 | 21:24 WIB
Politik
Ini Perbedaan Debat Pilpres 2014 dengan Pilpres 2019
Sabtu, 12 Januari 2019 | 16:39 WIB
Sigit Pamungkas - [ist]

Skalanews - Mantan Komisioner KPU RI Sigit Pamungkas menyebut ada beberapa perbedaan antara debat Pilpres tahun 2019 dengan debat pada Pilpres 2014.

Dikatakan Sigit, pada debat 2014 KPU dinilainya lebih memegang kendali daripada debat kali ini. Setidaknya ada beberapa perbedaan yang disebutkan Sigit.

"Sekarang tema debat disusun berdasarkan konsensus di antara paslon, kalau dulu tema disusun pakar oleh KPU tanpa koordinasi paslon. itu dari sisi susunan tema debat," papar Sigit dalam diskusi bertema 'Jelang Debat siapa Hebat' di Jakarta Pusat, Sabtu (12/1).

Selanjutnya adalah terkait pertanyaan yang akan diajukan kepada pasangan capres-cawapres. Dipaparkan Sigit, saat dirinya masih menjadi komisioner KPU, seluruh pertanyaan disusun oleh moderator debat.

"Sekarang disusun tim panelis, dulu tim panelis menggarap isu-isu strategis, bahkan kami dulu penyelenggara pemilu sampai tidak tahu. Kalau sekarang moderator sekadar membacakan," paparnya.

"Pertanyaan sekarang itu bukan kisi-kisi tapi daftar pertanyaan," imbuhnya.

Kemudian, KPU dulu lebih memegang kendali atas aturan main debat ketimbang KPU saat ini yang hanya menuruti kemauan dari kontestan.

"Dia yang buat aturan main, kontestan ikut. Kalau sekarang konsensus, penyelengara yang ikut kontestan," pungkasnya. (Frida Astuti/Bus)