Sabtu, 20 Juli 2019 | 06:11 WIB
Politik
Kapolri Pastikan TPS Rawan Diberi Penebalan Keamanan
Senin, 15 April 2019 | 16:29 WIB
-

Skalanews - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut pihaknya sudah melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan.

Disebut Tito, Polri telah membagi TPS menjadi beberapa kategori, di antaranya aman, rawan, rawan 1, rawan 2, dan sangat rawan.

"Untuk yang aman, kriterianya di satu tempat didominasi oleh pendukung A atau B. Potensi (konfliknya) kecil. Jadi kekuatan yang dideploy standar," kata Tito usai mengikuti rapat kesiapan akhir Pemilu 2019 di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4).

Kemudian di daerah yang tergolong rawan akan diberikan penebalan pengamanan. Daerah rawan disebut Tito  ditandai dengan imbangnya proporsi dukungan terhadap paslon, memiliki sejarah konflik, serta kerap bermunculan isu sensitif.

"Kita perkuat, pertebal dengan menambah pasukan. Ada juga kekuatan stand by," paparnya.

Selain itu, daerah yang menjadi titik kumpul massa juga diberi atensi khusus. Hal ini untuk mencegah adanya intimidasi kepada warga saat hari H pencoblosan.

"Misalnya ada kumpulan massa yang bisa berikan tekanan intimidatif, kita waspadai dengan menambah kekuatan dan kekuatan stand by. Kita lakukan penebalan, patroli gabungan dan pos gabungan TNI-Polri di daerah yang rawan tertekan secara psikologis," pungkasnya.(Frida Astuti/dbs)