Senin, 20 Mei 2019 | 05:34 WIB
Politik
Usai Quick Count, Banyak Akun di Sosmed Sebar Provokasi
Kamis, 18 April 2019 | 12:26 WIB
-

Skalanews - Direktorat Siber Bareskrim Polri langsung melakukan patroli di dunia maya usai keluarnya hasil perhitungan sementara (Quick Count) Pemilu 2019.

"Sampai dengan tadi jam 8 pagi memang ada tren peningkatan dari hasil patroli siber kurang lebih 10-15 akun yang menyebarkan konten bersifat provokatif," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/4).

Akun tersebut dipaparkan Dedi menyebarkan narasi, foto, video maupun suara yang bersifat provokatif. Media sosial yang dipakai seperti Instagram, Youtube, WhatsApp group.

"Yang mengajak masyarakat untuk berbuat onar, mengajak masyarakat lakukan aksi, mengajak masyarakat lakukan kerusuhan," papar Dedi.

Terhadap akun tersebut, Siber Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk men-take down akun tersebut.

"Terus dilakukan koordinasi dengan Kominfo untuk take down dan profiling dan identifikasi akun tersebut," pungkasnya.(Frida Astuti/dbs)