Senin, 22 Juli 2019 | 11:12 WIB
Politik
Yakin Menang, Jokowi: Akurasi Quick Count Hampir 99 Persen
Kamis, 18 April 2019 | 19:36 WIB
Joko Widodo - [ist]

Skalanews - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo meyakini pihaknya akan memenangi Pilpres 2019.

Keyakinan itu berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan 12 lembaga survei.

"Kalau kemarin saya belum menyampaikan angkanya karena masih dibawah 70%, tetapi hari ini karena sudah mencapai 100% kami menyampaikan bahwa hasil quick count dari 12 lembaga survei menyatakan Jokowi-KH Ma'ruf Amin mendapatkan persentase 54.5% dan Prabowo Sandi mendapatkan persentase 45.5%," papar Jokowi.

Hal itu dikatakannya saat jumpa pers di Resto Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4). Turut hadir pula seluruh ketua umum dan sekretaris jenderal Koalisi Indonesia Kerja.

Disambung Jokowi, hasil Quick Count yang dilakukan 12 lembaga resmi tersebut memiliki akurasi yang cukup tinggi yakni hampir 99%. Bahkan hasilnya tak akan jauh berbeda dengan real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti.

"Yang namanya penghitungan Quick Count adalah cara penghitungan yang ilmiah yang dari pengalaman pengalaman Pemilu yang lalu akurasinya 99% hampir sama dengan perhitungan real count," sambungnya.

Meski dinyatakan unggul, Jokowi meminta kepada para pendukungnya agar tetap menunggu hasil resmi dari KPU.

"Namun demikian sekali lagi kita harus tetap sabar. Sabar menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU," tutupnya. (Frida Astuti/Bus)